Kiat Sukses Menembus Gramedia Ala Amir Faisal




Selayang Pandang Kegiatan Webinar Belajar Menulis Gelombang 10 hari ke-4
Tak terasa, hari ini adalah hari ke-4 pelatihan. Kami merasa lebih terpacu semangat untuk terus berlatih menulis. Apalagi pemateri kami ini seorang penulis otodidak. Narasumber Belajar menulis kali ini bernama Amir Faisal, seorang trainer sekaligus motivator nasional yang sudah terkenal di Indonesia. Buku hasil karyanya cukup banyak. Ada sekitar 15 buku terbitan Gramedia. Beliaupun penulis artikel produktif. Kita bisa membaca buku dan artikelnya di blog https://www.spiritualquantum.com/about/


Gambar 1 Buku Karya Amir Faisal Think Like A millionaire

Berbeda dengan pemaparan belajar menulis sebelumnya, kali ini peserta menonton tayangan video Amir Faisal dalam link youtube. Di dalam videonya, Amir Faisal memulai dengan menceritakan pengalaman hidupnya berganti-ganti profesi. Beliau menyebutnya sebagai life cycle. Sekelumit cerita mengenai kisah hidupnya ini dianggapnya penting. Supaya dapat merubah mindset para calon penulis dalam membangun kepercayaan diri. Di samping itu beliau, juga menyampaikan banyak sekali motivasi dan kiat-kiat sukses menembus Penerbit Gramedia.

Menarik sekali dan luar biasa, ini yang ada dalam benak saya. Seorang penulis terkenal adalah mantan mandor. Cukup unik bukan? Menurut pengakuannya, Amir Faisal sama sekali tidak mempunyai latar belakang di bidang tulis menulis, apalagi di dunia pendidikan. Sebenarnya profesi awal beliau sebagai seorang sales marketing perusahaaan nasional. Delapan tahun kemudian beralih profesi menjadi seorang pengusaha UKM. Keinginan berganti profesi menjadi seorang motivator, tidak lain karena ingin sekedar berbagi ilmu dan pengalaman bisnis kepada teman-temannya.

Awal karir sebagai seorang motivator, Amir Faisal hanya mentraining anak sekolah dan mahasiswa.  Kemudian ia membuat tantangan untuk mentraining guru. Ia merasakan ini sesuatu yang gila. Mengapa demikian? Sama sekali tidak tahu ilmu pendidikan, kok berani mentraining guru.  Untuk menjawab tantangan gila itu, ia harus belajar. Mulailah ia belajar buku-buku pendidikan mutakhir dari Bobbi De Porter, Barbara Prashnig,  dan buku-buku psikologi dr Daniel Goleman, Howard Gardner, Thomas Armstrong, serta mengikuti training pak Munib Khatib, sekolahnya manusia.

Menurut penuturannya, pada intinya seseorang bisa menulis, dan percaya diri kalau bukunya akan laku, yaitu dengan cara menentukan dulu visi/ dream. Kenapa ingin seseorang ingin menjadi penulis? Lalu hadapilah tantangan-tantangannya dengan gagah berani melalui personal branding. Personal branding inilah yang mengubah mindset masyarakat. Seorang mandor proyek change life menjadi seorang penulis buku terkenal terbitan penerbit mayor Gramedia.

Kelebihan tulisan terletak pada kualitas tulisan, genre dan buku itu disukai pasar atau tidak? Kelebihan penulis ada pada penilaian pembaca. Yang dimaksudkan dengan genre itu adalah sifat genetik karya. Bukan bidang atau tema bukunya. Misalnya novel,  genrenya pada cerita anak-anak, roman, psikologi, motivasi, traveling, dsb.

Apakah ada syarat minimal jumlah halaman agar diterbitkan melalui Gramedia? Buku yang ditulis sebaiknya tidak terlalu tebal. Gramedia tidak mau menerbitkan buku yang terlalu tebal. Penulis yang baik harus mampu memenuhi kriteria penerbit antara lain: 1) tidak banyak teori, 2) semakin banyak hal-hal praktis semakin baik, 3) menarik perhatian banyak orang, dan 4) Penerbit lebih menyukai karya original dari pikiran, perasaan, gagasan penulis itu sendiri.

Kiat bagi penulis pemula yang ingin menembus pasar. Seorang penulis perlu melakukan riset ke toko buku. Buku yang paling laris adalah novel. Sebaiknya calon penulis novel banyak membaca novel-novel terbitan Gramedia atau patner. Pelajari isi bukunya, kemudian belilah beberapa novel yang genrenya cocok dengan passion penulis.

Karya original lebih disukai, itu artinya seorang penulis bisa berargumen, atau menulis sesuai dengan apa yang ada dalam ide/pikirannya berdasarkan pengalaman. True story bisa diterbitkan asalkan fenomenal, misalnya pengalaman memberikan tutorial pada anak berkebutuhan khusus, pada anak-anak miskin, anak-anak di Rumah Singgah, dll.

Demikianlah hasil kegiatan webinar Belajar Menulis Gelombang 10 hari ke-4. Ada inspirasi hebat yang didapatkan. Inspirasi hebat itu antara lain; 1) tentukan visi/ dream, 2) merubah mindset itu penting, dan 3) cycle life akan membentuk personal branding, 4). personal branding akan menggiring dream seseorang menjadi nyata. Sangat bermanfaat bagi kami, para penulis pemula. Insyaallah akan menjadi motivasi kami menjadi penulis hebat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minimnya Perlindungan Profesi Guru

Menanti Kereta Cepat Impian Rakyat